Kamis, 15 Desember 2011

IPTEK KELAUTAN ROBOT IKAN PENGENDUS POLUSI


Teknologi robot ikan siap mengendus diperairan. Robot menyerupai ikan gurami sepanjang 1,5 meter dan bisa berenang seperti ikan yang ada disungai, rencananya akan dilepas di Utara Spanyol. Setiap robot akan dipasangi sensor navigasi mini untuk beroperasi tanpa intervensi manusia. Sensor akan membimbing ikan menuju sumber pencemar berbahaya, seperti kebocoran pipa-pipa didasar laut atau tangki kanal.
      Kecepatan berenangnya mencapai 1 meter per detik, setiap ikan ini dinamai Rory Doyle, bertenaga baterai yang berdaya tahan maksimal delapan jam, namun secara otomatis ikan akan kembali kemarkas untuk mengisi ulang baterai. Saat itulah data-data kualitas air dikirim ke pengolah data melalui jaringan nirkabel, perangkat canggih. Efisiensi itu sesuatu yang dibutuhkan untuk memastikan sensor detector polusi mampu bekerja dilingkungan bawah air selama berjam-jam, dimana robot-robot ini akan dilepaskan diperairan pada tahun ini.
Robot-robot ini dapat mengendus perubahan lingkungan perairan sejak dini sekaligus mencari penyebabnya. Langkah itu sangat vital sebelum bahaya yang sangat besar  melanda perairan, yang bisa jadi muncul dari kebocoran kecil dari lambung kapal. Yakni diharapkan dapat dipakai pada perairan seluruh dunia. Dimana teknologi menunjukkan fungsinya yang mendukung kehidupan termasuk demi pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar