Kamis, 15 Desember 2011

CIRI-CIRI MASYARAKAT TRADISIONAL :


·       Masyarakatnya bersifat tertutup, artinya masih sulit untuk menerima unsure-unsur pembaharuan karena mereka beranggapan bahwa budaya luar dapat merusak budaya leluhurnya.
·       Pola prilaku masyarakat tradisional masih sangat sederhana, baik cara berfikir, berbahasa, maupun bertindak.
·       Sistem kekerabatan masih kuat, perbedaan kelas social tidak terlalu menonjol dan sifatnya gemeinschaft.
·       Alat-alat perlengkapan hidup dalam masyarakat tradisional, masih menggunakan alat-alat teknologi sederhana.
Misalnya pakaian terbuat dari kulit atau tenun kasar, rumah terbuat dari kayu, bamboo. Dan atapnya menggunakan alang-alang atau ijuk.
·       Alat-alat transportasi sangat sederhana, misalnya mempergunakan kuda, kerbau, gerobak, rakit atau mereka senang berjalan kaki.
·       Lembaga-lembaga kemasyarakatan belum berkembang, demikian pula kehidupan politik dan ekonominya masih terbelakang.
·       Pembagian kerja di antara mereka belum tegas. Pada umumnya mereka mempunyai mata pencaharian yang sama yaitu bertani, berladang, berternak, dan berburu binatang. Namun sebagian kecil dari masyarakat tradisionalyang ada menjadi pengrajin untuk menghasilkan berbagai perkakas rumah tangga yang diperlukan oleh masyarakatnya.
·       Belum mengenal pendidikan yang maju sehingga mereka belum mengenal baca tulis. Hal ini disebabkan oleh factor biaya ataupun jarak yang jauh antara sekolah dengan rumah.

1 komentar: